PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
BEST PRACTICE
PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI MAHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA KELAS X.TB SMK PURI WISATA PANCASARI TAHUN 2022
- Pendahuluan
Yang melatarbelakangi adalah Peserta didik tidak terlatih dengan soal berpikir tingkat tinggi,, Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), Kurang aktif dalam pembelajaran, Belum menggunakan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Pembelajaran ini diharapkan bisa sebagai Referensi dan inspirasi bagi rekan-rekan guru lain dalam mendesain pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif, serta memotivasi bagi diri sendiri dan rekan sejawat menjadi pendidik yang lebih baik,
Peran dan tanggung jawab saya untuk Meningkatkan kemampuan berpikir tinggkat tinggi (HOTS), Menjadi fasilitator yang berpusat kepada peserta didik (student centered), Meningkatkan keterampilan dan sikap, Mendesain pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif menggunakan PBL, pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK).
- Pembahasan
Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik menurut Septianingsih (2021) adalah Rendahnya kemampuan mengingat, Kurannya keterampilan memahami soal, Rendahnya Strategi menjawab soal, Rendahnya tingkat usaha, Kurangnya ketenangan kelas, Jarang belajar mengulang Pembelajaran dirumah. Sedangkan Mahatma, dan Supriyati (2021) faktornya adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah, Kemampuan Inquiry, Kemampuan berpikir kreatif, Kemampuan berpikir abstrak, Kemampuan Pemahaman, Kemampuan berfikir logis, Kemauan mengembangkan diri, dan Kualitas Guru.
Menurut Reinita (2020) Desain PBL mampu menemukan pengetahuan peserta didik dengan memecahkan masalah secara investigasi dan berkelompok, sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Arends dalam Astikawati (2020) mengemukakan langkah PBL yaitu Mengorientasikan terhadap masalah, Mengorganisasikan untuk belajar, Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, Mengembang-kan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Untuk menunjang pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) yang sesuai dengan model PBL, Bahan Ajar, Alat ukur kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa soal pengetahuan, Alat ukur kemampuan aktifitas berupa instrumen penilaian sikap, Media ajar berupa PPT, Proyektor.
- Kesimpulan
PBL sangat efektif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dari persentase peningkatan nilai pengetahuan sebesar 60,71 % dengan kategori sedang, rata-rata nilai keterampilan sebesar 83,04 dengan kategori baik, rata-rata nilai sikap sebesar 87,50 dengan kategori baik, ketuntasan belajar mencapai 100,%. Hasil ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan berpikir ingkat tinggi (HOTS) serta aktifitas belajar .
Awal pembelajaran peserta didik merasa kebingungan, dengan bimbingan yang intensif bisa manajemen waktu dan pembagian tugas dalam kelompok, tertantang belajar dengan PBL, pemanfaatan teknologi seperti HP, Internet semakin menyenangkan.
Perubahan paradigma mengajar dari teacher centered ke student centered menyebabkan kebingungan pada peserta didik diawal pembelajaran, Kejadian sekolah yang mendadak/ tidak terduga yang belum bisa diprediksi sebelumnya, mengganggu aktifitas belajar.
Daftar Pustaka
Astikawati, dkk. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi IPA Terpadu dan Kemandirian Belajar Siswa. (Online) : https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/download/3351/1718. Diakses : 30 September 2022.
Mahatma. 2021. Systematic Review Faktor Faktor Yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Guru Berpikir Tingkat Tinggi. Vol. 7. No. 1. (Online) : https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/download/1737/1536. Diakses : 1 Oktober 2022.
Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning. Journal Of Moral And Civic Education, 4(2), 88–96. (Online) : https://doi.org/10.24036/8851412422020230 . Diakses : 2 Oktober 2022.
Septianingsih, N. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Krahtwohl Pada Siswa Kelas VII SMPN 25 Padang. (Online) : https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFKIP/article/view/19708 . Diakses : 1 Oktober 2022.
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- RENDAHNYA AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK
- Bes Practice
- Makna Dari Pelaksanaan Tumpek Uye/Tumpek Kandang
- Kurikulum Merdeka
- Pendidikan Sebagai Investasi Jangka Panjang
Kembali ke Atas